CV.Wijaya Lightning Protection - Jual Penangkal Petir dan As Grounding Tembaga

Penangkal Petir Prevectron Indelec Francis Standar Internasional NFC 07-102:2011

Tanggal :4/23/2021 1:42:00 PM Penulis : Atmawijaya

Penangkal Petir Prevectron Indelec Dengan Standar Internasional NFC 07-102:2011 Sambaran petir adalah salah satu sumber energi listrik yang cukup besar dan berbahaya bagi peralatan elektronik dan manusia.


Sebuah objek yang terkena sambaran petir akan mengalami kerusakan yang cukup berbahaya hingga kematian. Dampak yang ditimbulkan cukup tinggi sehingga perlu dilakukan perlindungan terhadap tempat tinggal atau wilayah yang memiliki banyak peralatan elektronik.

 


Penangkal petir adalah salah satu teknologi yang bisa digunakan untuk menangkal sambaran petir agar tidak mengenai objek-objek tertentu. Namun banyaknya produk penangkal petir di pasaran tentu akan membuat Anda kebingungan. Penangkal petir Prevectron Indelec adalah penangkal petir terbaik dengan standar internasional NFC 07-102:2011 yang dapat menjadi pilihan Anda.

 
Fenomena Sambaran Petir

Petir adalah salah satu fenomena alam yang sering terjadi ketika hujan turun dan memiliki dampak yang berbahaya jika mengenai objek yang ada di bumi. Petir mengandung muatan energi yang sangat besar sehingga mudah merusak barang elektronik hingga menyebabkan kematian. Petir terbentuk melalui siklus medan muatan di udara. Penasaran dengan proses lengkapnya? Simak di bawah ini.


a. Proses Pembentukan Sambaran Petir

Kondisi atmosfer bumi berbeda jauh dengan kondisi permukaan bumi. Beberapa wilayah atmosfer bumi memiliki suhu dan tekanan yang rendah sehingga mudah untuk membentuk awan. Awan yang terbentuk terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian bawah yang menjadi awan hujan dan bagian atas yang terdiri dari kristal-kristal es.

 


Kristal es dan awan hujan memiliki muatan netral dikarenakan muatan positif dan negatif tersebar merata. Adanya dorongan angin baik di luar dan di dalam lingkaran akan menyebabkan muatan negatif dan positif di dalam awan menjadi terpisah dengan muatan positif berada pada bagian atas dan muatan negatif berada di bagian bawah.


Baca juga: Pengertian dan Cara Kerja Penangkal Petir


Dengan adanya pengaruh massa tetesan uap air akan meningkatkan jumlah muatan negatif berada di bagian bawah. Muatan positif-positif yang ada di permukaan bumi akan menarik muatan negatif yang ada di awan. Gaya tarik muatan ini akan menciptakan beda potensial yang perlahan semakin tinggi.


Jumlah muatan negatif yang cukup besar di bagian bawah awan akan menciptakan tegangan yang cukup tinggi sekitar 10 – 20 kV/meter. Semakin tingginya tegangan dan intensitas muatan yang ada di dalam awan, perlahan awan akan melepaskan energi berupa listrik ke bumi yang dikenal sebagai sambaran petir.


Ketika sambaran petir mulai terjadi dengan intensitas yang makin besar, permukaan tanah mengalami proses ionisasi yang cukup besar sehingga terjadi efek korona. Efek yang menyebabkan permukaan tanah terlihat seperti terselubung warna biru. Pada beberapa kondisi, efek korona berupa dengung seperti bunyi lebah.


Sambaran petir yang mengarah ke bumi dikenal sebagai downward leader dan akan semakin dekat dengan tanah. Ionisasi pada permukaan bumi akan menyebabkan aliran listrik ke atas atau upward leader. Ketika downward leader dan upward leader bertemu maka menimbulkan jalur konduktif di udara dan terjadi kilatan cahaya. Jika jalur konduktif ini cukup besar, maka petir dapat mengenai objek di lintasannya. 


b. Jenis-Jenis Petir

Terdapat dua jenis sambaran petir yang terjadi di berbagai belahan dunia. Sambaran petir ini tidak semuanya berasal dari muatan negatif namun juga menghasilkan muatan positif.




  • Downward Leader Lighting Kilat yang disebabkan karena muatan positif yang ada di permukaan bumi berjumlah sedikit sehingga muatan negatif yang berada di awan dengan jumlah yang besar akan menuju ke bumi.
  • Upward Leader Lighting. Kilat yang disebabkan akibat banyak muatan positif yang ada di permukaan bumi sehingga kilatan petir mengarah ke atas. Kecepatan kilatan petir ke atas jauh lebih cepat dibandingkan kilatan ke arah bawah serta jauh lebih berbahaya.


c. Potensi Kerusakan Akibat Petir

Potensi kerusakan yang diakibatkan oleh sambaran petir sangat beragam dan bergantung terhadap objek yang dikenai. Berikut ini beberapa potensi kerusakan yang diakibatkan oleh sambaran petir.

 


  • Induksi arus listrik dengan jumlah besar pada jaringan distribusi listrik
  • Sambaran tidak langsung akan menyebabkan kopling magnetik yang dapat mengganggu penerimaan sinyal pada peralatan elektronik
  • Menyebabkan peralatan elektronik konslet dan terbakar
  • Menyebabkan kematian pada manusia seperti terpanggang

Kenapa Harus Penangkal Petir Prevectron Indelec?

Prevectron adalah salah satu produsen penangkal petir yang menggunakan standar NFC 07-102;2011 yang menjadi standar internasional penangkal petir. Sehingga produk yang dihadirkan oleh Prevectron telah memenuhi kualitas internasional dan tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya standar internasional, terdapat beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari produk Prevectron.


a. Bagian Unggulan pada Terminal

Dalam produk penangkal petir yang dikeluarkan oleh Prevectron, sistem yang digunakan adalah sistem Early Streamer Emission (ESE) Indelec yang memiliki beberapa blok untuk meningkatkan performa sistem proteksi dari penangkal petir yang diproduksi.


  • Ujung terminal yaitu pickup menggunakan bahan metalik yang berfungsi untuk menghasilkan efek korona. Ujung pickup terbuat dari tembaga atau stainless steel jenis elektronitik. Pickup menjadi jalur yang menerima kilatan petir dan mengalirkannya ke grounding system.
  • Housing pada terminal terbuat dari bahan stainless steel yang tahan terhadap air sehingga tidak akan merusak komponen yang ada di dalam housing. Housing pada terminal mencakup Upper Electrode yang terbuat dari tembaga dengan kromium plating, pemicu ionisasi, dan Lower Electrode


b. Mampu Bekerja pada Kondisi Iklim Ekstrim

Salah satu keunggulan yang ditawarkan air terminal prevectron indelec adalah ketahanan operasi selama kondisi iklim ekstrim. Beberapa penangkal petir tidak mampu bertahan dalam cuaca yang sangat ekstrim terutama pada wilayah yang memiliki tingkat badai yang cukup tinggi.


Prevectron Indelec menciptakan produk penangkal petir yang mampu bertahan dalam badai. Anda bisa mengatur posisi penangkal petir sesuai dengan posisi yang aman dan operasi yang efektif sehingga meskipun badai terjadi, penangkal petir dapat bekerja dengan baik. Selain itu, material yang digunakan mampu bertahan hingga beberapa tahun meskipun iklim tidak menentu. 


c. Memiliki 5 Tipe sesuai Kebutuhan Proyek

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Prevectron adalah adanya variasi tipe penangkal petir yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari proyek Anda. Sehingga Anda tidak perlu lagi untuk menggunakan satu tipe penangkal petir untuk semua kondisi.


Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan produk yang tepat. Produk terbaik yang ditawarkan bagi Anda telah disesuaikan dengan jumlah panel independen dan jangkauan proteksi yang diberikan. 


Berikut lima produk penangkal petir terbaik yang bisa Anda dapatkan dari Prevectron.

  • Prevectron 3 S40
  • Prevectron 3 S50
  • Prevectron 3 S60
  • Prevectron 3 TS10
  • Prevectron 3 TS25 

Kelima produk ini memiliki jaminan 5 tahun sehingga Anda bisa melakukan komplain atau pengajuan produk jika mengalami kegagalan yang bukan disebabkan oleh kesengajaan. Selain itu, kelima produk tersebut dibuat menggunakan standar Quality System ISO 9001:2015.Selain itu berat dari kelima produk ini tergolong ringan dan mudah dipasang.


d. Mampu Menahan Arus hingga 240 kA

Keunggulan keempat yang ditawarkan pada penangkal petir Prevectron Indelec adalah ketahanan terhadap nilai arus hingga 240 kA. Setelah melalui uji laboratorium, produk penangkal petir ini mampu menahan beban arus pada efisiensi 350 µs sebesar 100 kA dan maksimal beban arus yang bisa ditahan adalah 240 kA.




Selain itu, terminal penangkal petirl Prevectron dilengkapi dengan penghitung arus dan medan listrik secara terus menerus. Sehingga Anda mengetahui berapa besar beban arus dan tegangan yang diterima oleh penangkal petir.


Dengan informasi beban arus yang dihitung, Anda bisa mengatur grounding system agar menjadi isolator yang sangat baik. Semua keunggulan yang ditawarkan sangat layak untuk dipertimbangkan dalam memilih produk penangkal petir untuk proyek Anda.


Semua fitur dan keunggulan yang diberikan tidak dimiliki oleh produk lainnya terutama untuk modul independen. Sebagian besar modul independen hanya menggunakan 6 modul, namun produk ini menggunakan lebih dari 6 modul independen.


Bagaimana Penangkal Petir Prevectron Indelec Bekerja Setelah Anda mengetahui keunggulan yang ditawarkan oleh penangkar petir Prevectron, selanjutnya Anda harus memahami bagaimana cara kerja dari produk mereka. Dengan mengetahui cara kerja produk Prevectron, Anda bisa memastikan bahwa cara kerja tersebut dapat bekerja secara maksimal atau tidak dalam memberikan proteksi pada lingkungan Anda.


Ketika awan yang berada di udara telah memisahkan muatan positif dan negatif di dalamnya, akibat adanya pemisahan muatan ini akan menyebabkan terjadi perubahan medan magnetik di permukaan tanah. Perubahan medan magnetik ini terjadi secara simultan dan terus menerus selama muatan negatif di awan terpisah.


Ketika kenaikan tegangan antara awan dan permukaan tanah mencapai nilai tertentu, biasanya berada di rentang 50 – 100 kV, permukaan tanah akan terjadi efek korona. Permukaan tanah menjadi warna biru dan memberikan jalur kepada muatan negatif dengan energi yang besar dari awan untuk turun ke permukaan tanah.


Pada fase ini, kilatan petir mulai terjadi terutama jenis downward leader lighting. Muatan negatif di udara mulai berfokus pada dan memperpendek jarak antara muatan negatif pada awan dengan muatan positif pada permukaan tanah.


Ketika jalur muatan ini dibalas oleh muatan negatif permukaan tanah, maka akan terjadi kilatan cahaya ke arah atas atau upward leader lighting. Pertemuan antara downward leader lighting dan upward leader lighting akan menyebabkan kilatan energi yang cukup dan bisa terlihat yang sering kali disebut sebagai petir.


Penangkal petir Prevectron akan mengeluarkan elektron primer pada terminal ESE. Terminal ini akan melepaskan plasma dan mendorong kenaikan arus listrik semakin meninggi. Arus listrik yang semakin meninggi akan mengelilingi objek yang terionisasi dan menjaga objek tersebut.


Ketika petir akan menyambar objek tersebut, plasma akan memantulkan energi petir tersebut sehingga terjadi upward leader. Sebagian energi akan dialirkan secara langsung menuju grounding system sehingga tidak ada aliran yang tersimpan dalam komponen penangkal petir.


Selama proses pengurangan energi listrik dalam grounding system, Anda harus berhati-hati karena dapat memicu medan listrik baru. Sehingga Anda harus berada di dalam jangkauan proteksi penangkal petir Prevectron sehingga Anda bisa terhindar dari sambaran petir susulan.


Produk Terbaik Prevectron Indelec Jika Anda tertarik untuk menggunakan produk penangkal petir yang dikeluarkan oleh Prevectron, maka Anda membeli 5 variasi produk berikut ini.


Kelima variasi ini memiliki keunggulan sekaligus spesifikasi yang berbeda, termasuk di dalamnya adalah perbedaan harga.


Berikut penjelasan lengkap 5 variasi produk penangkal petir Prevectron.

a. Prevectron 3 S40

Produk penangkal petir pertama yang bisa menjadi alternatif Anda adalah Prevectron 3 S40. Produk ini memiliki efisiensi sebesar 40 µs dengan standar deviasi sebesar < 0,57. Pada fase normal, produk ini mampu menahan beban arus sebesar 100 kA dan maksimal beban arus sebesar 200 kA.


Produk ini menggunakan 3 modul independen dan sinkronisasi dengan jaminan garansi produk selama 5 tahun. Produk ini menggunakan teknologi OPTIMAX untuk menciptakan upward leader. Keunggulan produk ini adalah modul yang bisa dilepas dan diganti dengan modul baru jika mengalami kerusakan.


Produk ini telah diproduksi dan diuji menggunakan standar internasional NFC 17-102:2011 Annex C dan Sertifikat Eco-Lable dari AFAQ N1335.2 11/2014. Berat dari benda ini sebesar 3 kg dan berat total beserta pengemasan adalah 4,75 kg. Radius perlindungan oleh produk ini adalah sejauh 85 meter.


b. Prevectron 3 S50

Produk penangkal petir kedua yang bisa menjadi alternatif Anda adalah Prevectron 3 S50. Produk ini memiliki efisiensi sebesar 50 µs dengan standar deviasi sebesar < 0,53. Pada fase normal, produk ini mampu menahan beban arus sebesar 100 kA dan maksimal beban arus sebesar 200 kA.


Dengan efisiensi sebesar 50 µs pada produk ini, radius proteksi lebih jauh dibandingkan dengan produk S40. Selain itu, Produk ini menggunakan 4 modul independen dan sinkronisasi dengan garansi teknologi selama 5 tahun.


Berat produk ini lebih berat dibandingkan produk S40 yaitu 3,3 kg dengan berat total pengemasan sebesar 5.05 kg. Produksi produk ini menggunakan standar yang sama dan memiliki sertifikat yang sama dengan produk S40 sehingga produk ini tergolong lebih baik namun penggunaan produk pada bangunan yang lebih tinggi. Radius proteksi yang diberikan sebesar 95 meter.


c. Prevectron 3 S60

Produk ketiga penangkal petir dari Prevectron adalah Prevectron 3 S60. Produk ini bisa menjadi alternatif Anda dibandingkan dua produk sebelumnya. Produk ini adalah produk tertinggi dari seri S dengan besaran efisiensi sebesar 60 µs dengan standar deviasi < 0,44. Radius proteksi yang diberikan adalah 110 meter.


Perbedaan lain dari produk ini dibandingkan dua produk sebelumnya adalah produk ini memiliki beban arus maksimal yang lebih tinggi yaitu 230 kA dengan berat lebih besar yaitu 3,9 kg. Berat total pengemasan mencapai 5,6 kg.


Kelebihan lainnya adalah produk ini menggunakan 6 modul independen dan sinkronisasi sesuai dengan standar internasional.


d. Prevectron 3 TS10

Produk keempat yang bisa Anda coba dari Prevectron adalah Prevectron 3 TS10. Produk ini adalah seri TS yang memiliki tingkat efisiensi sebesar 10 µs dengan standar deviasi < 0,75. Produk ini adalah kategori produk dengan tingkat radius proteksi yang relatif kecil dikarenakan produk ini menggunakan 2 modul independen dan sinkronisasi.


Secara harga, produk ini jauh lebih murah dibandingkan dengan produk tipe S yang memiliki radius proteksi lebih jauh. Radius proteksi yang ditawarkan oleh produk ini adalah 40 meter.


e. Prevectron 3 TS25

Produk terakhir yang bisa menjadi alternatif Anda adalah Prevectron 3 TS25. Produk ini adalah produk seri TS seperti TS10. Efisiensi yang ditawarkan pada produk ini adalah 25 µs dengan standar deviasi < 0,65.


Produk ini menggunakan 3 modul independen dan sinkronisasi dengan jarak proteksi sejauh 65 meter.


Dengan banyaknya variasi penangkal petir membuat Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan sekaligus dana yang ingin dikeluarkan oleh proyek Anda.Dengan menggunakan teknologi penangkal petir dari Prevectron, Anda akan mendapatkan perlindungan yang optimal dan terbaik.

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Erico Lightning Protection Distributor
Lightning rod is a series of paths that are used as a path for lightning to go into the ground, without damaging the objects through it. Our CV. Wijaya Lightning Protection Lightning as Distributor of Lightning Protection Erico explains that there are 3 main parts to the lightning rod: lightning rod, conductor wire, grounding. When the negative electric charge at the bottom of the cloud is fulfilled, the positive electric charge on the ground will be immediately attracted. The electric charge then immediately travels up through the conductor cable, towards the end of the lightning rod. When the negative electrical charge is close enough on the roof, the attraction between the two charges gets stronger, the positive charge at the ends of the lightning rod being pulled towards the negative charge.

Erico Lightning Protection
Our CV. Wijaya Lightning Protection Lightning as a Distributor of Erico Lightning Protection sells various types and types of lightning protection equipment including the following products: Event Counter Erico Lightning Protection, GEM (Cement Grounding) Brand ERICO Lightning Protection, Lightning Protection Erico System 3000, Erico Powder and many other products Other Erico. We as a Distributor of Lightning Protection Erico provide high quality products and relatively affordable prices in its class. Erico products are known as companies that have been established for more than 100 years and have products that have been recognized internationally. We as a Distributor of Erico Lightning Protection only sell various types of high quality products, one of which is this Erico Lightning Protection product.

 

Logo IDT
Chatbot