CV.Wijaya Lightning Protection - Jual Penangkal Petir dan As Grounding Tembaga
×

Jenis Anti Petir Berdasarkan Bentuk dan Sistem Proteksi

Tanggal :2/15/2021 11:55:00 AM Penulis : Atmawijaya
Setelah mengetahui pengertian dan cara kerja penangkal petir pada artikel sebelumnya, selanjutnya kita perlu mengetahui jenis penangkal petir untuk Anda jadikan opsi jika ingin menggunakannya. Apa saja? Berikut adalah list-nya.

Penangkal Petir Konvensional

 
penangkal petir konvensional


Pertama, ada penangkal petir konvensional. Seperti namanya, penangkal petir yang satu ini bekerja dengan prinsip sederhana. Desain ini adalah desain pertama yang diperkenalkan oleh Benjamin Franklin, orang pertama yang menemukan alat penangkal petir. Sebuah batang penangkal petir yang berbentuk runcing ditempatkan pada bagian teratas sebuah bangunan.

Lalu ia disambungkan dengan kabel konduktor, kabel ini tersambung menuju batang penangkal petir lainnya, dan tertanam di tanah atau permukaan bumi (grounding). Ada dua jenis penangkal petir konvensional, jalur elektris (kabel konduktor yang digunakan banyak) dan satu jalur/jalur tunggal, (kabel konduktor yang digunakan hanya satu).

1. Keunggulan

Terdapat beberapa keunggulan pada penangkal petir konvensional ini, di antaranya adalah harganya yang murah, pemasangan cepat, hingga tempat yang dibutuhkan tidak banyak. Penangkal petir konvensional ini harganya terjangkau, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan bujet berlebih untuk pemasangan 1 unit alat ini.

Proses pemasangan juga cepat. Anda bisa memasang sendiri, dan grounding (batang penangkal petir) tertanam di tanah, selain itu, juga tidak dibutuhkan ruang yang luas, hanya butuh setidaknya ukuran 1 hingga 2 meter2 saja. Sehingga penangkal ini bisa dikatakan sebagai penangkal petir yang cocok untuk dipasang di bangunan rumah pribadi Anda.


2. Kelemahan

Kurang handal dalam meredam sambaran listrik. Jenis Penangkal petir ini bersifat menunggu atau pasif. Sehingga, ia untung-untungan saja jika disambar oleh petir. Karena ujung batang penangkal petir hanya mengumpulkan muatan listrik, bukan untuk menarik petir. Maka tidak bisa dipastikan di bagian bangunan manakah petir akan menyerang.

Peluang untuk mengenai bagian lain di luar penangkal petir masih besar. Hal ini fatal bila petir mengenai antena, karena kerusakan bisa merembet hingga tv di dalam ruangan. Ini menjadi satu kekurangannya, penangkal petir memiliki jangkauan proteksi petir yang terbatas. Model sederhana dari penangkal petir konvensional ini juga memiliki kelemahan, yakni tidak awet alias tidak tahan lama.

Penangkal Petir Elektrostatis

 
penangkal petir elektrostatis


Jenis kedua, ada penangkal petir elektrostatis. Perbedaan penangkal petir elektostatis dan konvensional adalah dari sifat metode proteksinya untuk konvensional menggunakan metode yang pasif, sedangkan penangkal petir elektrostatis menggunakan metode proteksi radius.

Pada dasarnya penangkal petir yang satu ini bersifat aktif dengan melepaskan ion ke udara, sehingga petir hanya akan menyambar batang penangkal petir yang ada di bagian atas sebuah bangunan seseuai dengan kemampuan radius dari air terminal. Penangkal petir elektrostatis biasanya berbentuk bulat atau setengah bulat.

Bagian-bagian pada penangkal petir elektrostatis sejatinya sama dengan penangkal petir tradisional, yakni batang, kabel dan grounding. Namun, pada penangkal petir elekrostatis disebut sebagai terminal (tempat pertama kali petir menyambar), lalu carrier (kabel penghantar yang menuju grounding). Sistem grounding pada penangkal elektrostatis juga lebih terukur ketimbang sistem konvensional.


1. Keunggulan

Berbeda dengan penangkal petir kovensional, jenis penangkal petir elektrostatis lebih aktif, dalam arti ia mengeluarkan ion ke udara sehingga memancing petir untuk menyambar bagian terminal penangkal petir elektrostatis. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri, karena petir dipastikan akan menyambar bagian terminal, bukan bagian bangunan lain.

Pada intinya jika menggunakan jenis penangkal petir elektrostatis, sambaran petir ada didalam radius head terminal maka sambaran petir itu akan ditarik menuju head terminal.

Tentu, perlindungan yang diberikan oleh penangkal petir elektrostatis ini lebih luas ketimbang penangkal petir konvensional. Penggunaan jenis penangkal petir ini juga lebih menjamin keselamatan bangunan, dan terhindar dari kerusakan-kerusakan fatal. Sistem grounding pada penangkal petir elektrostatis pun lebih baik, sehingga peredaman bisa terjadi lebih baik pula.

Selain itu, material atau bahan yang menyusun penangkal petir elektrostatis lebih baik kualitasnya. Pada beberapa merk, bahan yang dipakai sudah Standar Nasional Indonesia (SNI), sehingga lebih awet dan tahan lama untuk penggunaannya. Sementara itu, dalam hal estetika, desain penangkal petir elektrostatis lebih modern ketimbang penangkal petir konvensional.


2. Kelemahan

Dari segala keunggulan di atas, kelemahan utama yang ada pada penangkal petir elektrostatis adalah harganya. Harga satu set penangkal petir elektrostatis jauh lebih mahal ketimbang penangkal petir konvensional.

Selain itu, pemasangan juga dilakukan lebih lama, bisa mencapai 2 hingga 3 hari. Tempat untuk grounding lebih luas, sehingga tidak cocok buat dipasang di bangunan rumah pribadi.

Grounding pada penangkal petir elektrostatis membutuhkan hambatan hingga 3 ohm untuk peredaman yang baik. Bahkan bisa mencapai 5 ohm hambatan. Sehingga biasanya penangkal petir elektrostatis digunakan untuk perlindungan aset sebuah perusahaan. Misalnya bangunan gedung, pabrik, gudang atau tower sebuah perusahaan.

Penangkal Petir Radioaktif

 
penangkal petir radio aktif


Selain dua jenis perangkat petir yang sudah dijabarkan di atas, ada pula jenis penangkal petir radioaktif. Sebenarnya, penangkal petir ini ada sebelum penangkal petir elektrostatis. Cara kerja penangkal petir radioaktif ini pun sama, yakni dengan melepas ion di udara, agar petir tersambar ke tempat yang diinginkan (yakni di terminal penangkal petir).

Pada penangkal petir radioaktif ini, digunakan zat radioaktif, yakni Radium 226 dan Ameresium 241 untuk melepaskan ion ke udara. Namun, penggunaan zat radioaktif ini dinilai berbahaya dan dapat mencemari lingkungan, maka penangkal petir radioaktif sudah dilarang penggunaannya. Penyempurnaan pada versi ini adalah penangkal petir elektrostatis.

Sistem Proteksi pada Penangkal Petir

Hidup di negara tropis dengan curah hujan tinggi setiap tahunnya, tentu wilayah kita memiliki peluang besar terkena petir. Maka banyak dari kita memasangi penangkal petir pada bangunan yang kita miliki, baik itu penangkal petir konvensional atau penangkal petir elektrostatis.

Untuk itu, masyarakat di Indonesia membangun sebuah sistem proteksi atau perlindungan yang berbasis pada penangkal petir.

Hal ini disebabkan sambaran petir bisa saja setiap saat mengintai, dan dapat menimbulkan beberapa efek seperti


 

sistem penangkal petir

1. Efek induksi, yang terjadi karena sambaran petir mengenai alat elektronik. Alat-alat elektronik tersebut akan mengalami gangguan atau bahkan mungkin mengeluarkan api dan ledakan, bila terkena sambaran petir. Untuk komputer atau PC, bisa saja mengalami hang, tidak berfungsi dan hilang data.

2. Efek panas, bagian bangunan yang tersambar petir, biasanya terbakar dan rusak.

3. Efek kematian, hal ini terjadi bila petir menyambar langsung makhluk hidup yang ada di permukaan bumi.

4. Efek akustik, yakni terganggunya sinyal radio atau gelombang yang ada di udara.

Sistem Penangkal Petir

Efek-efek di atas menyebabkan terciptanya sistem penangkal petir yang terdiri dari dua jenis:

1. Sistem Penangkal Petir Internal

Sistem ini dibangun untuk melakukan proteksi bangunan dari sambaran petir secara tidak langsung. Maksudnya, seperti induksi medan magnet. Sehingga alat-alat elektronik yang ada di bangunan tersebut tidak mengalami kerusakan yang disebabkan oleh sambaran petir. 

2. Sistem Penangkal Petir Eksternal

Ini adalah sistem penangkal petir yang melindungi keseluruhan bangunan dari luar. Melindungi langsung dari sambaran petir dengan cara menghantarkan arus listrik ke tanah. Pemasangan penangkal petir yang sudah kita bahas di atas adalah jenis sistem penangkal petir eksternal.

Jenis penangkal petir di atas sudah dirangkum secara mendetail. Segera pasang penangkal petir pada bangunan yang Anda tempati saat ini, karena risiko tersambar petir akan selalu ada, terlebih pada musim penghujan seperti sekarang ini.

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Erico Lightning Protection Distributor
Lightning rod is a series of paths that are used as a path for lightning to go into the ground, without damaging the objects through it. Our CV. Wijaya Lightning Protection Lightning as Distributor of Lightning Protection Erico explains that there are 3 main parts to the lightning rod: lightning rod, conductor wire, grounding. When the negative electric charge at the bottom of the cloud is fulfilled, the positive electric charge on the ground will be immediately attracted. The electric charge then immediately travels up through the conductor cable, towards the end of the lightning rod. When the negative electrical charge is close enough on the roof, the attraction between the two charges gets stronger, the positive charge at the ends of the lightning rod being pulled towards the negative charge.

Erico Lightning Protection
Our CV. Wijaya Lightning Protection Lightning as a Distributor of Erico Lightning Protection sells various types and types of lightning protection equipment including the following products: Event Counter Erico Lightning Protection, GEM (Cement Grounding) Brand ERICO Lightning Protection, Lightning Protection Erico System 3000, Erico Powder and many other products Other Erico. We as a Distributor of Lightning Protection Erico provide high quality products and relatively affordable prices in its class. Erico products are known as companies that have been established for more than 100 years and have products that have been recognized internationally. We as a Distributor of Erico Lightning Protection only sell various types of high quality products, one of which is this Erico Lightning Protection product.

 

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot